Tuesday, August 7, 2012

Posted by jinson on 8/07/2012 05:54:00 PM 8 comments
yaaaaaaay, another quickie is here!
setelah sebelumnya compare 4 lulur/bodyscrub , sekarang gw mau quick review body butter from 3 local brands. dua diantaranya terkenal dan gw yakin banyak banget readers yang pake. satu sisanya mengklaim sebagai the body shopnya Indonesia. the three local brands are
  1. Mustika Ratu Body Butter in Rose, Zaitun, and Coffee
  2. Wardah Body Butter in Passion Fruit and Olive
  3. Bali Ratih Body Butter Sample Set in Almond Nut, Chamommile, Orange, White Rose, Green Tea, Olive, Lavender, Mango, Apple, White Musk, Milk, Avocado, Cherry, Strawberry, Chocolate, and Coffee.
for the comparison, i will not include Bali Ratih in several point because i didnt buy the full jar.




slight comparison among the products
dari segi ukuran, kemasan Wardah boleh paling besar, tapi kalah tebal dibanding Mustika Ratu. untuk Bali ratih sendiri, full jarnya hampir sama dengan Wardah, cuma dikemas dalam jar yang lebih kecil jadi terlihat lebih sedikit. Wardah 150gr, Mustika Ratu 200gr, dan Bali Ratih 110gr. begitu tutup di buka, kita akan menemui alumunium foil yang membatasi produk dengan tutup di Mustika ratu. produk penuh terisi ketika alumunium foil dilepas. beda halnya dengan Wardah, begitu tutup dibuka, lagilagi kita akan menemui tutup plastik yang cekung ke dalam dan agak susah dibuka sebagai pembatas produk dengan tutup. ya disini, meskipun jar Wardah paling besar, tapi jarak kosong antara tutup dengan pembatas plastiknya memakan tempat sekitar sepertiga dari tebal jar. oleh karena itu, hanya bisa 150gr yang ditampung.

dari sergi harga, Wardah IDR28K, Mustika Ratu IDR29K, dan Bali Ratih IDR27K. Harga jual yang gw sebutin adalah harga jual satuan di Toko Mahmud untuk Wardah dan Mustika Ratu, sedangkan Bali Ratih di Bali Ratih Warehouse Bandung I. Harga Wardah bervariasi sampe termahal IDR33K di beberapa supermarket dan sepanjang yang gw temui ya di Toko Mahmud ini yang paling murah. Mustika Ratu di supermarket bisa mencapai IDR33K. Cuma karena gw beli ini waktu lagi diskon 35%, harga per satuannya jadi IDR23K, jatuhnya jadi lebih murah dari Toko Mahmud. Kalo Bali Ratih full jar, harga di Pulau Jawa berdasarkan Website Bali Ratih harusnya IDR25K. Tapi dari semua Warehouse Bandung, harganya sama IDR27K. Malahan di beberapa OLS ada yang jual lebih murah. Menurut owner dari Bali Ratih Warehouse Bandung I, kalo reseller harganya bisa cuma IDR19500 untuk satu full jarnya. Gw beli sample setnya jujur karena bingung mau pilih yang mana dari 16 fragrance body butter yang ada.

dari segi tekstur, nah ini poin pentingnya. gw coba bahas satu persatu. dibawah ini ada foto dari swatches masingmasing body butter Wardah dan Mustika Ratu, serta 2 jenis Bali Ratih. swatches dari kiri ke kanan ::
  • Bali Ratih Strawberry Body Butter
  • Bali Ratih Olive  Body Butter
  • Mustika Ratu Rose  Body Butter
  • Mustika Ratu Coffee  Body Butter
  • Mustika Ratu Zaitun  Body Butter
  • Wardah Olive  Body Butter
  • Wardah Passion Fruit  Body Butter


Mustika Ratu Body Butter in Rose, Coffee, and Zaitun
teksturnya persis butter yang udah diaduk di mixer sampe mengembang, halus dan mirip foam yang dipadatkan. creamy. karena harus itu, begitu di apply ringan. dan karena ringannya tadi, efek moist ga bertahan lama. ada beberapa orang yang kurang begitu suka dengan body butter karena efek lengket setelah pemakaiannya, Mustika Ratu ini bisa dibilang solusi buat kekhawatiran itu. meskipun menyerapnya ga secepat body lotion, masih terhitung cepat kalo di banding dua yang lainnya. cocok dipake untuk seharihari, pagi ataupun malam, saking ringannya. bahkan gw menemukan beberapa brand body lotion yang lebih berat dari body butter Mustika Ratu ini. untuk yang berkulit kering, siapsiap untuk apply body lotion tambahan setelah pake body butter ini. kadar moistnya kurang.

Wardah Body Butter in Passion Fruit and Olive
tekturnya persis mentega ato margarin. waktu di apply sama kaya nge-apply mentega ke kulit. berat, coveragenya bikin lapisan tipis di atas kulit, lengket, dan lama menyerapnya. semuanya ya karena balik lagi ke teksturnya yang super kentel macem mentega, perlu waktu lama untuk bisa sepenuhnya meresap ke kulit. terkadang malah kalo apply kebanyakan, sampe pagi harinya masi agak lengket. efek dari itu malah bikin kulit super moist  dan halus begitu di bilas pake air. enak banget dipakai setelah mandi dan andukan untuk ngekeep kelembaban kulit. tapi untuk pemakaian di pagi atau siang hari gw rasa kurang begitu nyaman, karena efek berat dan tebal tadi begitu kena sinar matahari beserta keringat, bikin luntur si body butter dan akhirnya malah meleleh dan lengket. ga perlu tambahan body lotion setelah pake ini. bisa juga dijadikan campuran untuk body lotion whitening yang biasanya bikin kulit kering.



Bali Ratih Body Butter in Strawberry and Olive
teksturnya ada di antara Mustika Ratu dan Wardah, ga terlalu halus dan ga terlalu lengket. mirip nasi yang ditumbuk untuk dibuat masker, ada sedikit butirbutir kecil menggumpal, tapi begitu di apply hilang sendiri. gumpalannya itu bikin kita harus apply cukup banyak. Mustika Ratu karena agak cair, bisa mengcover seluruh permukaan kulit dengan mudah. Wardah karena kental dan membuat lapisan di atas kulit, juga cukup pakai sedikit bisa mengcover seluruh permukaan. Nah, karena Bali Ratih ini kadar airnya lebih sedikit dibanding Mustika Ratu dan kadar minyak/lemaknya lebih sedikit dibanding Wardah, perlu banyak yg harus di apply supaya coveragenya cukup untuk bikin moist si kulit. Karena itu juga, paling cepat menyerap di antara kedua produk lainnya. cuma sayangnya, menyerap dan kurang membuat moist jadi perlu pake body lotion tambahan untuk pemilik kulit kering. paling cocok untuk everyday use pagi maupun malem karena mudah di re-apply.



dari segi fragrance, Mustika Ratu wanginya paling mild sementara Wardah paling strong. Untuk yang suka wangi manis macem vanilla, bisa coba Mustika Ratu Coffee Body Butter. Yang prefer wangi yang cuma selintas doang dan mirip produk bayi bisa coba Mustika Ratu Zaitun, Rose, dan Wardah Olive Body Butter. Yang suka wangi sensual dan seger mirip TBS Love Etc ato J.Lo Glam ato Britney Spears' ato Anna Sui's, bisa coba Wardah Passion Fruit Body Butter. 


Bali Ratih wanginya ada yang enaaaaaak banget mirip parfum mahal, ada yang nyengat, dan ada juga yang mirip wangi lulur tradisional. Urutan fragrance Bali Ratih dari yang paling gw suka,
  1. Almond Nut, :: sweet mild
  2. Chamommile, :: strong sensual
  3. Orange, :: strong fruity
  4. White Rose, :: sweet mild
  5. Green Tea, :: fresh mild
  6. Olive, :: sweet mild
  7. Lavender, :: strong
  8. Mango, :: strong fruity
  9. Apple, :: sweet sensual
  10. White Musk, :: sensual mild
  11. Milk, :: sweet strong
  12. Avocado, :: sweet strong
  13. Cherry, :: sensual strong
  14. Strawberry, :: too fake
  15. Chocolate, :: too strong
  16. Coffee.:: too strong

NY's thought ~
my rank,
  1. Wardah Body Butter
  2. Mustika Ratu Body Butter
  3. Bali Ratih Body Butter
tipe kulit gw lembab. meskipun Wardah bikin lengket tapi gw suka efeknya pas pagi hari dibilas pake air, moist dan halus. Mustika Ratu cuma dapet halusnya doang setelah apply produk, cukup tahan lama juga sampe pagi. tapi moistnya kurang. sedangkan Bali Ratih ga ada aftereffectnya sama sekali di gw. dari segi harga juga emang lebih worth it Wardah, meskipun gramnya lebih kecil tapi karena tekturnya yang kental dan sangat fatty bisa lebih awet dibanding yang lain.


REPURCHASE ?
big yes for Wardah! will try full jar of few Bali Ratih's fragrance. will repurchase Mustika Ratu Zaitun instead of Wardah Olive.

8 feed backs:

  1. lagi pengen coba yg kopi2an
    hmmh, andaikan yg wardah ada varian kopi kynya pilih wardah deh :|

    klo diantara MR sm BR yg varian kopinya enakan yg mana ya?

    ReplyDelete
  2. arome coffeenya bukan kaya biji kopi yang ditumbuk, tapi lebih kaya aroma kopi+susu+cream, manismanis gitu. BR jauh lebih nyengat wanginya, lebih enak MR menurutku.

    ReplyDelete
  3. hi salam kenal...

    beli bali ratih sample set nya berapaan say? pengen nyobain juga yg bali ratih :)

    ReplyDelete
  4. haaai salam kenal juga.
    thx udah mampir dan komen. =)

    bali ratih sample set harganya paling murah 40K dan paling mahal 45K. ada juga beberapa bali ratih official warehouse yang bisa dikirim via jasa ekspedisi. untuk lokasi warehousenya bisa cek di http://baliratih.web.id/.

    ReplyDelete
  5. haii salam kenal,aku tau blog ini dr FD..teteh niya di bandung juga ya?
    teh aku tertarik sama baliratih yg kecil2 itu,belinya di mana? aku liat di web bali ratihnya ada 2 ya di bandung,teteh belinya dimana? aku follow blog nya ya,,kalo berkenan follow my blog juga :D

    *btw rajin ke mahmud ya?hehehe sama kita*

    ReplyDelete
  6. Hai juga. Makasi udh mampir.. :)

    Beli di warehouse bandung I, ada kan alamatnya di web. Tepatnya di belokan sebelum jalan sukajadi kl dari arah tol pasteur, di cabangnya mayasari.

    ReplyDelete
  7. Ulasan yang detail dan menarik.
    Lumayan nambah ilmu tentang parfum. Ditunggu ulasan parfum yang lainnya ya :)

    Parfum Wanita yang disukai Pria

    ReplyDelete
  8. Huffff... I sudah coba pakai semuanye. Wardah strawberry lagi best dari passion fruit. But passion fruit very strong. To relax malam i suka olive from wardah, so smooth, so relax.

    ReplyDelete