Tuesday, August 14, 2012

Posted by jinson on 8/14/2012 02:38:00 PM 10 comments
Hada Labo made in Rohto Indonesia!

Sejauh ini seri yang udah keluar ada 4,

  • Ultimate Moisturizing SHA a.k.a Gokujyun
  • Whitening Arbutin a.k.a Shirojyun
  • Anti-aging a.k.a Alpha Retinol
  • Mild Peeling a.k.a Tamagohada.
Sejauh ini juga semua varian selain anti-aging udah pernah gw coba. Kali ini mau coba compare Face Wash dari seri SHA dan Tamagohada. Tamagohada terdiri dari dua varian Face Wash, Face Wash biasa dan Face Wash yang bisa dipakai sebagi make-up remover. SHA cuma ada satu varian Face Wash. Retinol ga ada Face Wash dalam linenya. Kenapa ga gw compare sama arbutin? Fungsinya sendiri udah keliatan. SHA bikin kulit moist. Tamagohada bikin kulit halus akibat mild peelingnya. Jadi inti utama dari comparison ini ada aftereffect pemakaiannya dari segi kondisi tekstur kulit setelahnya. Kalo arbutin ikut dibandingin juga, ga masuk kategori, soalnya seperti yang kita tau, FaceWash yang bersifat memutihkan atau mencerahkan bikin kulit cenderung jadi kering.


Ini penampakan dari ketiga Hada Labo Face Wash yang bakal di compare. Dari kiri ke kanan ::

  • Hada Labo SHA Face Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover
Seri SHA warna putih. Seri Tamagohada warna biru telor asin.



Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun, with two types og Hyaluronic Acid. Removes dirt and provides high hydration for supple and soft skin.






Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash with 0,98% AHA. Please apply sun protection with at least SPF 15 after using this product.






Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash+Make-up Remover with 1,001% AHAPlease apply sun protection with at least SPF 15 after using this product.





Ingredients tamagohada hampir sama, yang membedakan secara kentaranya adalah pada face wash+make-up remover terdapat kandungan Macadamia Oil.

Dari segi tekstur, diliat melalui foto dibawah ini, dari kiri ke kanan ::

  • Hada Labo SHA Facial Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover


viscosity/fluid thickness rank, from the most to the least ::
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo SHA Facial Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover
Tekstur Tamagohada FW paling padat, warnanya putih matte. Tekstur SHA FW menyerupai gel, warnanya putih pearly. Tekstur Tamagohada make-up remover paling ruiny, meski masih hold in the place saat tangan digoyanggoyangin, warnanya putih glitery. Bisa ketauan, yang bakal paling awet dipake adalah Tamagohada FW. Dengan konten yang dibersihkan sama, tamagohada FW cuma perlu kuantitas setengah dari yang lainnya. Pastinya yang bakal boros dalam pemakaian ya tamagohada make-up remover karena tekturnya yang paling cair.

fragrance rank after contact with water, from the most to the least like perfume ::
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo SHA Facial Wash
Penciri dari Hada Labo yang katanya fragrance free ini adalah wanginya yang plain. Wangi plain ini akan sertamerta berubah begitu kontak dengan air, biasanya wanginya jadi sangat basa, bau mineral. Kalo boleh ikut dibandingin, menurut gw yang baunya benerbener jauh berubah dari asal adalah Arbutin FW. Setelah dipake bareng air, wanginya benerbeeeeeeeener bau mineral atau bath salt

Wangi dari SHA FW juga mirip arbutin, cuma less strong. Samasama bau salt atau mineral. Yang gw heran, awalnya gw pikir tamagohada juga bakal ga jauh beda wanginya. Ehhhhhh ternyata, wanginya enak, mild, ga terlalu kuat, mirip wanginya produk bayi. Meskipun samasama tamagohada, FW yang biasa wanginya nyaris ga ada, lebih mild dari make-up removernya.


Dari segi tekstur, daya bersih ditest untuk membersihkan beberapa jenis make-up yang standar dipake di muka. Produk yang ditest bisa diliat melalui foto dibawah ini, dari kiri ke kanan ::
  • Revlon Colorburst Lipstick
  • MAC Pro Longwear Lipglass
  • Viva Queen Perfect Shape Liquid Eye Liner
  • MAC Fluidline Blactrack
  • Aigner Black Crayon Eyeliner Twist
  • Caring Colours Eye Shadow
  • Odbo Lip Tint
  • Etude House Tear Drop Liner #1 White Tear
  • MAC Haute & Naughty Lash


Dari semua produk di atas, urutan dari yang paling gampang dibersihin sampe paling susah dibersihin :: eyeshadow, tear drop liner, lipstik revlon, crayon eyeliner, mac gel liner, mac mascara, viva eyeliner, mac lipglass, dan terakhir liptint yang emang nyaris mustahil dibersihin, haha~

time consuming rank to clean all the swatches, from the most to the least quick ::
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover :: 43s
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash :: 1mins 18s
  • Hada Labo SHA Facial Wash :: 2mins 36s

Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover, air bilasannya warnanya hampir netral putih meskipun produk yang dibersihin warnanya campurcampur. Lip tint warnanya juga mulai pudar. Yang paling susah dibersihin sebenernya adalah glitergliter dari tear drop dan lipglass. Meskipun ga keliatan di foto, Tamagohada make-up remover ini masih belum bisa bersihin si glitter dengan tuntas. Gliter gede dari lipglass bisa hilang sepenuhnya, gliter kecil dan putih nan lengket dari tear drop masih ditemukan di ujungujung area test.













Hada Labo Tamagohada Face Wash, air bilasannya warnanya lebih bersih dari tamagohada make-up remover. Dalam artian warnanya bening transparan. Cuma bisa diliat, warna lip tintnya masih kentara. Gliter besar dan kecil masih ditemui banyak di tengah area test.


Hada Labo SHA Facial Wash, air bilasannya benarbenar keruh. Hitam keungunan seperti campuran warna produknya. Warna lip tint malah jadi smearing ke area sekitarnya bukannya menipis atau menghilang. Anehnya, jumlah gliter yang tersisa malah lebih sedikit dari tamagohada FW.













gentleness, make my skin irritated or not, from the most to the least irritating ::
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo SHA Facial Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover
bisa diliat difoto after wash di atas. kalo diliat sepintas SHA yang paling bikin merah, tapi ternyata itu adalah smearing dari Lip Tint yang ga terbersihkan. Tamagohada FW hanya bikin iritasi didaerah yang susah dibersihkan dan perlu digosok lebih, liner yang posisinya sebelah kiri lip tint. Tamagohada make-up remover malah bikin merah juga daerah yang ada di luar area test


Dari segi aftereffect, poin ini ditest dengan cara mengalirkan tetesan air dari ujung atas area test dan dilihat gimana jalannya si air beserta seberapa jauh air itu mengalir di kulit yang telah dibersihkan. Cara ini dipakai karena, seperti yang telah gw jelaskan sedikit di awal, tujuan dari comparison ini adalah untuk tau seberapa moist, seberapa halus kulit hasil dibersihkan dengan FW dari Hada Labo ini. Ibaratnya, kalo permukaan kulit halus dan kelembaban cukup, air akan lancar mengalir. Permukaan terlalu lembab, air akan tersendat mengalir. Permukaan kering, air akan susah mengalir dan berhenti ditengah jalan, karena habis diserap oleh poripori. 
Hada Labo Tamagohada Face Wash bikin kulit halus. Halus benerbener halus gada embelembel lain. Berasa bayi yang habis mandi dibedakin seluruh badan. Halusnya itu setara dengan kulit yang halus karena bedak bayi itu. Benerbener halus. Air yang ditetesin mengalir dengan gampang sampe ujung bawah area test.
Hada Labo SHA Facial Wash bikin kulit halus dan moist. Kaya kondisi kulit habis mandi dan andukan. Lembab tapi ga sehalus tamagohada. Ya bisa dibayanginlah, halus karena bedak dan halus kulit asli habis luluran. SHA FW ini halusnya halus yang kedua. Air mengalir perlahan dan semakin melambat pas ditengah area test, tapi tetep mengalir sampe ujung bawah area.
Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover bikin kulit halus dan keset. Keset as in sabun sirih commercial. Halusnya sama kaya tamagohada FW, halus seperti pake bedak. Pas diusap sama jari aja kerasa gimana kesetnya. Tetesan air juga mengalir lumayan cepat, tapi berhenti di tengah area test, kemudian menggenang.

aftereffect that i prefer, from the most to the least ::
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash
  • Hada Labo SHA Facial Wash
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover

Dari segi harga, 
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash :: IDR27000 for 100gr
  • Hada Labo SHA Facial Wash :: IDR20200 for 100gr
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash + Make-up Remover :: IDR21900 for 50gr
yaaaaaaaaaaaaaa, tentunya tamagohada make-up remover paling mahaaaaaaaaal. harga 50gr lebih mahal dari SHA FW yang 100gr. wajar lebih mahal karena kandungannya juga khusus bisa digunakan untuk ngapus make-up.





10 feed backs:

  1. good review jeng,,,
    bener2 saLUt ma qm say...
    :)

    ReplyDelete
  2. Makasi, diaaani.
    Masih belajar ko ini. =D

    ReplyDelete
  3. brsan ke mahmud lagi niat buat beli yg tamagohada makeupremover gara2 AHAnya lebih tinggi... tp setelah liat ingredients-nya lgsg mundur

    too many comedogenic ingredients :(

    yg facewash biasa jg ada sih tp ga sbnyak yg mkupremover
    in the end.. ttp setia pake yg facewash biasa aja :)

    ReplyDelete
  4. @hotarunza
    Wah aku kurang paham ingre nih. Ada link web yg lumayan gampang dicerna ga soal ingreingre ini? Apa yg comedogenic, apa yg whitening agent, apa yg bahaya, dsb. Biar bsa nulis review yg lbh mendalam.

    ReplyDelete
  5. aku bkn termasuk org yg fanatik or parno sm ingre tertentu sih.. cuma klo ingre comedogenic agak sdkt concern
    itu pun bkn menghindari semuanya, (krn kynya ga mgkn secara hmpir di semua skincare ada bhn comedogenic).. ya paling hanya mengurangi aja :)

    klo aku referensinya dari sini
    http://www.zerozits.com/Articles/acnedetect.htm
    http://www.acne-skin-care-expert.com/comedogenic-oils.html

    selamat membaca ^^

    ReplyDelete
  6. Kamu dapet si tamagohada di mana say? I've been looking for it. Kok susah ya nemunya :(

    ReplyDelete
  7. @anggitaprita
    Haai thx udh mampir..
    Tamagohada gw beli di toko mahmud bandung.
    Karena pabrik rohto deket bandung, jdi produk baru hadalabo cepet beredarnya dan toko mahmud salah satu yg jual tercepat plus terlengkap.
    Untuk diluar bandung, bsa cari di watsons or guardian. Kemaren cek udh masuk di hypermart, cuma baru seri arbutin sama gokujyun aja.
    Happy hunting tamagohada. =)

    ReplyDelete
  8. halo..mampir ya , gara2 googling HL nyasar kesini. aku baru beli di hypermart BIP kmaren mumpung lg disc sampe 9 okt. di mahmud ada juga yaa, asik. aku jg di bandung soalnya. thanks ya reviewnya ngebantu banget

    ReplyDelete
  9. @ the syah family
    di mahmud malah paling pertama ada sebelum hypermart. =) oiya lagi diskon berapa persen?

    ReplyDelete
  10. 25% hariini terakhir tuh
    kalo di mahmud pasti lebih murah dr pasaran misal di guardian juga ya ? kan biasanya mahmud lebih murah. terus kamu cocok & nerusin ga pake HL ?
    -Dinni-

    ReplyDelete