Wednesday, August 29, 2012

Posted by jinson on 8/29/2012 09:20:00 AM 10 comments

NY’s Quickie :: Acne Care Products ~ Wardah Acne Treatment Gel – Acnes Sealing Jell – Sari Ayu Intensive Acne Care – La Tulipe Acne Lotion


haaaihaaai~
siapa disini yang punya jerawat bandel? Banyak pasti. Dulu, jaman belum kenal skincare clinic, gw termasuk orang yang ga punya masalah dengan jerawat. Jerawat cuma muncul satu dua kalo lagi period aja. Gitu juga selama pake Natasha. Nah semenjak gw pindah ke dr Agus Walujo, spKK. , entah kenapa gw jadi suka tibatiba muncul jerawat batu. Jerawat yang bengkak gede tapi mendem di bawah kulit. Ga bermata dan muncul ke permukaan. Penyebabnya apa gw masih belum ketemu. Entah hormon gw kacau, atau break out dari lepas pake Natasha. Yang jelas gw yakin ini bukan karena purging atau ga cocok sama cream dari dr Agus. Kenapa gw yakin? Karena si jerawat bandel ini cuma sebiji pas muncul, sembuh, terus beberapa hari muncul satu lagi. Kalo purging atau ga cocok harusnya semukamuka kan? cmiiw yaaa~

tipe jerawat kaya gini, paling ngeselin. Karena ga jelas maunya apa, apa bakal bengkak gede dan mateng ato cuma bakal bengkak gede dan tibatiba ngempes sendiri. Yang gw perhatiin dari cream dr Agus, creamnya bisa ngeheal  juga, cuma waktunya lumayan lama. Seminggu paling cepet sampe itu jerawat tinggal bekasnya doang. Mungkin anti-acne active ingredient dalam campuran creamnya kecil, mengingat gw dapet NCnya CDT, bukan MET. Dimana kalo gw dapet CDT, gw tidak termasuk dalam kategori severe acne. Cream dokter ini cara penyembuhannya bukan matengin jerawat, tapi lebih ke ngempesin. Agak bertentangan sama keyakinan sotoy gw kalo jerawat itu harus pecah isinya dan dikeluarin, biar tuntas. Soalnya kalo itu lemak atau nanah masih di dalem, ujungujungnya bisa jadi komedo ato malah bisa kambuhan jerawatnya ditempat itu. Emang kalo dikeluarin pasti bikin bolong dan berbekas, tapi itu masih mending daripada jadi komedo atau jerawat kambuhan. Spot lebih gampang dihilangin.

Semenjak ke dr Agus dan menyadari proses creamnya yang agak lama untuk sembuhi jerawat model begini, gw coba pake BMC (beauty magic cream) untuk on the spot treatment , ditotol dan dipress pake jari di tempat yang berjerawat saja. Hasil dari BMC ini ada dua. Pertama, jerawat jadi mateng lebih cepat dan keluar matanya. Ini pertanda gw ngolesin BMC dengan timing yang terlambat. Karena si P. Acne terlanjur bikin nanah di bawah kulit. Kedua, jerawat jadi hilang dan kempes ga berbekas. Ini pertanda timing pengolesan BMC gw tepat, saat si P. Acne baru berlipat ganda dan belum bikin infeksi.

Untuk kasus pertama, setelah si jerawat mateng atau keluar matanya itu, gw biasanya melanjutkan on the spot treatment gw dengan produkproduk perawatan jerawat yang dijual di pasaran. Bukan obat yang harus beli di apotik, tapi keluaran brand kecantikan yang bisa dibeli di supermarket terdekat. Sejauh ini produk yang pernah gw coba adalah Wardah Acne Treatment Gel – Acnes Sealing Jell – Sari Ayu Intensive Acne Care – La Tulipe Acne Lotion.




Packaging
  • Wardah Acne Treatment Gel – terkemas cantik dalam dus warna putih dengan tulisan biru dan produknya sendiri ada dalam tube yang tutupnya diulir bagian bawah. Tubenya dari plastik dan perlu hatihati saat keluarin gelnya karena lubang tempat keluarnya diameternya cukup besar. Sekali pencet normal, bisa banyak banget yang keluar. Jadi pencetnya harus pake perasaan.
  • Acnes Sealing Jell – kemasannya paling mirip salep obatobatan. Dus warna putih dengan tulisantulisan ijo plus merah untuk highlight bagian pentingnya. Desain kemasannya paling keliatan meyakinkan dibanding yang lain. Yaaa karena itu tadi, bentuknya persis salepsalep yang harus dibeli pake resep dokter. Dalem dusnya juga ada kertas berisi directions dan keterangan produk. Bentuk tube nya juga persis salep yang tutupnya diulir di bagian atas. Plasti tube tipis banget, kaya yang bisa di recycle.


  • Sari Ayu Intensive Acne Care – desain cover kemasan sangat mencirikan ingre utama produknya, sulfur dan pegagan. Produknya ada dalam botol kaca transparan dengan bagian mulut botolnya sama lebarnya dengan ujung bawah, rentan tumpah. Tutupnya dari plastik dan kurang begitu rapat, rentan bocor.
  • La Tulipe Acne Lotion – dusnya putih dengan lambang La Tulipe, seperti produk La Tulipe lainnya.Produk ini paling mantep packagingnya. Di kemas dalam botol plastik yang kokoh dan lubang tempat keluarnya produk dihalangi plastik lagi, menyisakan lubang keciiiiiil banget tempat keluarnya cairan. Pas banget karena selain bisa mencegah keluar terlalu banyak, juga bisa memfilter ampas didalemnya untuk ga ikut keluar.




Tekstur
  • Wardah Acne Treatment Gelgel putih transparan, kekentalan medium. Mudah di smear. Cepat meresap.

  • Acnes Sealing Jell gel kuning transparan, kekentalan pekat. Menggumpal. Susah meresap dan membentuk seperti lapisan di atas kulit.

  • Sari Ayu Intensive Acne Care – cairan putih dengan ampas kuning didasar. Harus dikocok. Sangat mudah meresap, tapi meninggalkan bekas putih yang menggumpal di area resapan.

  • La Tulipe Acne Lotionlotion putih, sangat ruiny tapi ga cair kaya air, dengan ampas putih di dasar. Harus dikocok lumayan keras. Mudah meresap, tapi lebih lama dibanding SA. Juga meninggalkan bekas putih di area resapan, tapi merata, tidak menggumpal seperti SA.





Ingredients
  • Wardah Acne Treatment Gel – water,butylene glicol, polyacrylamide, laureth 7, C13-14 isoparaffin, glycerin,salicylic acid,triclosan, aloe barbadensis, allantoin, beta glucan, nemzyl alcohol, methylchloroisothiazolinone, methylisothiazolinone.

  • Acnes Sealing Jell – water, ethanol, butylene glicol, glycerin, sulfur, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, triethanolamine, carbomer, tocopheryl acetate,conchona succirubra bark extract. Hydroxypropylmethyl cellulose, salicylic acid, allantoin, stearyl glycyrrhetinate, BHT, propylene glycol alginate, isopropylmethylphenol, pyridoxine HCl, disodium EDTA, methylparaben, propylparaben, fragrance.

  • Sari Ayu Intensive Acne Care – water, alcohol, sulfur, glycerin, zinc oxide, champor, bentonite, centella asiatica, propylene glicol, methylchloroisothiazolinone, methylisothiazolinone, zinc sulfate, menthol, aluminium hydroxide gel, allantoin, salicylic acid, triclosan, fragrance, CI 19140, CI 16255.

  • La Tulipe Acne Lotion – ethanol, purified water, propylene glycol, zinc oxide, sulfur, salicylic acid, camphor.






NY’s thought, what they really do to my acne ::
pemakaian dilakukan pada jerawat yg sudah matang dan “mata” putihnya sudah terlihat dipermukaan, hasil dari reaksi pemakaian BMC kasus yang sudah dijelaskan di atas.
  • Wardah Acne Treatment Gel mempercepat proses pematangan dan pengempesan radang hingga kempes total. Rentang waktu sampai jerawat kempes, sekitar 3-4 hari. Kempes, radang hilang, tapi masih ada jendolan dibawah kulit saat jerawat kempes. Efektif untuk jerawat matang yang tidak pecah. Pemakaian untuk jerawat matang dan pecah, atau ada kulit terbuka pada area jerawat tersebut pada beberapa kasus yang pernah gw dan adik gw alami, malah bikin jerawat makin bengkak. Proses pengempesannya normal, bukan dengan cara mengeringkan jerawat. Mungkin karena itu masih menyisakan bump dibawah kulit meskipun udah kempes dan radang udah hilang. Pas di apply enak, efek dingin dari aloe nya kerasa banget.
  • Acnes Sealing Jell membentuk tameng antara jerawat dengan dunia luar. Bagus untuk mencegah masuknya bakteri tambahan dari luar, seperti akibat pemakaian foundation atau sunblock. Namanya juga sealing jell, acnes ini bikin lapisan yang cukup tebal di area yang di apply. Bisa untuk jerawat matang yang tidak pecah, maupun jerawat matang yang pecah. Selain fungsi melindungi itu, gw ga menemukan benefit lain. Pemakaian lebih dari seminggu ga bikin jerawat kempes atau kering. Menyebabkan bagian kulit yang terlindungi agak gatal untuk pemakaian yang terlampau lama. Jadi, mungkin harus dicuci dan di reapply berkala.
  • Sari Ayu Intensive Acne Caremengeringkan jerawat dengan cepat dan membantu regenerasi kulit dari bekas jerawat tersebut. Efektif untuk jerawat matang yang pecah, atau ada kulit terbuka di area jerawat tersebut. Kayanya prinsip kerjanya, menyerang langsung ke pusat inflamasi jerawatnya. Jadi harus ada akses langsung ke area yang radang dan terkena bakteri P. Acne. Soalnya, saat di apply ke jerawat yang matang tapi tidak pecah, sama sekali ga menghasilkan efek apaapa selain bikin kulit jadi kering. Pas di apply dalam kondisi jerawat pecah, perihhhhhhnya nyelekit sampe kaya ngebor langsung ke tulang. Pertanda langsung menyerang ke daerah infeksinya, serta merta bunuh kuman sampe akarakarnya. Semakin sering di reapply, semakin cepat jerawat kering, tapi akan meninggalkan bekas burn. Hitam membopeng dan kulit disekitarnya ngelupas cukup parah. Ga sakit, tapi gatel. Nah biasanya kalo udah kaya gini gw oles BMC lagi sampe kulit rata kembali. Proses mengeringnya jerawat makan waktu 1-2 hari dan proses regenerasi bekas bopengnya sekitar 2 hari dari sejak mengeringnya jerawat. Setelah regenerasi kulit ini, kulit rata kembali, ga ada bump dibawah kulit tapi ada bekas bolong yang cukup kentara. Obatin pake BMC. =p
  • La Tulipe Acne Lotion mengeringkan jerawat dengan cepat dan membantu regenerasi kulit dari bekas jerawat tersebut. Cara kerjanya sama kaya SA, menyerang langsung ke akarakarnya. Bunuh bakteri dan mengeringkan jerawat. Bedanya, La Tulipe ini ga meninggalkan efek burn dan kulit disekitar jerawat ga ikut ngelupas. Efektif untuk jerawat matang yang tidak pecah, maupun jerawat matang yang pecah. Proses penyembuhan untuk jerawat pecah sekitar 1 hari dan untuk yang ga pecah 2-3 hari. Seteah sembuh pun untuk jerawat yang ga pecah tadi, ga meninggal bump di bawah kulit. Pas di apply nyelekitnya lebih parah dari SA, ditambah sedikit gatal yang ga terlalu mengganggu saat pengobatan untuk jerawat yang ga pecah. Mungkin ini yang bikin ga muncul bump, si lotionnya meresap ke akarakarnya juga. Hanya meninggalkan bekas merah di bagian yag tadinya mata jerawat. Tinggal olesin BMC. =D




Price
  • Wardah Acne Treatment Gel –  IDR14500 for 15ml @ Toko Mahmud
  • Acnes Sealing Jell – IDR  for 9gr @ Giant Miko Mall
  • Sari Ayu Intensive Acne Care –  IDR10800 for 12ml @ Toko Mahmud
  • La Tulipe Acne Lotion – IDR18000 for 60ml @ Toko Mahmud





NY’s rank~
  1. La Tulipe Acne Lotion
  2. Wardah Acne Treatment Gel
  3. Sari Ayu Intensive Acne Care
  4. Acnes Sealing Jell



Repurchase?
No, for all! I noticed some same ingredients include on all the product. So basically, all of them are a same product. Dan ingre tersebut bukan merupakan active ingre utama yang dipake untuk healing jerawat. Itu dia kenapa prosesnya lama, ataupun kalo cepet bikin efek samping lanjutan. So, starting from now, i’ll try to directly use those main active ingredients known to heal acne, hoping it will lessen the side effect. Contoh, azelaic acid, tretinoin, benzoyl peroxide, clindamycin, dll.

10 feed backs:

  1. emang kaya azelaic acid, tretinoin, benzoyl peroxide gt bisa dibeli bebas ? harganya berapa tuh. gw dulu thn 2005-an suka beli salicyl acid dijual di apotek gitu ampuh bgt buat jerawat cpt kering cpt kempes tapi skrg bbrp apotek tpt gw biasa beli (termasuk KF) udah ga jual. pdhl cm 7 rb aja sebotol

    ReplyDelete
  2. sebenernya, ga bisa, harus pake resep dokter.
    tapi tau sendiri kan apotik disini bebasnya kaya apa. =)
    azelaic acid ada merk daganya zeliris. benzoyl peroxide ada benzolac CL yang plus clindamycin. tretinoin ada retin-a, vitacid dll.

    kalo salicyl acid ga perlu dibeli di apotek, di produk OTC juga banyak yang mengandung SA. =D

    aku bulan ini memang ada rencana review perbandingan antara azelaic acid - benzoyl peroxide - tretinoin untuk macemmacem jenis jerewi. hehe~

    btw thx for mampirmampir.

    ReplyDelete
  3. Okee jadi dari ke4 itu yg paling oke yg la tulipe ya?? lagi ada jerawat di pipi nie bumpy merah, gak mateng gak kempes juga,pake la tulipe pas ya kira2?? thanks

    ReplyDelete
  4. @dini
    yap, berdasarkan pengalaman sih gitu. =) paling cocok sama la tulipe.

    ReplyDelete
  5. iya ga perlu pkn resep, cuma lebih mure beli botolan tanpa merk gt kalo yg ada merknya kaya acne feldin gt kan isinya SA juga ya.
    asiik..ditunggu reviewnya yaa
    -Dinni-

    ReplyDelete
  6. BMC itu apa ya sist? Maap newbie hehehe

    ReplyDelete
  7. udah coba semua dan ga ngefek, udah nyoba whoo juga masih ga ngefek juga #nangisss
    udah 3 bulan jerawatnya gini2 aja , disini2 aja
    takut bopeng gede :( :( :(
    sekarang nyoba vitacid smoga wokeee hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat vitacid nyaa :) aku juga make. Sekarang harus ngilangin redness T,T http://www.acne.org/messageboard/gallery/slideshow/album-13935/

      Delete
  8. BMC bisa dibeli dimana ya say??trus kalo SA bisa dibeli bebas di apotik juga gak?? lagi galau banget nih, seminggu ini jerawat muncul semua, gak tau kenapa #nangis

    ReplyDelete